Senin, 03 Maret 2014

SEKOLAH DASAR

SEKOLAH DASAR


EDS 2013 - Standar Kompetensi Lulusan

Posted: 01 Mar 2014 06:17 AM PST

Evaluasi Diri Sekola (EDS) 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan ini menggunakan acuan Kurikulum 2013 (Indikator dikembangkan oleh Sekolah sesuai Permendikbud nomor 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI)

Memiliki 4 Komponen Penilaian 
1. Peserta didik/Sekolah memiliki prestasi yang baik
  • Sekolah memiliki prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik
2. Peserta didik memiliki sikap dan perilaku yang diharapkan 
  • Siswa tidak pernah memiliki pelanggaran tata tertib dan disiplin sekolah
  • Siswa melaksanakan kegiatan kerohanian secara rutin  
  • Siswa meiliki aktifitas keseharian yang baik
3. Peserta didik memiliki pengetahuan yang diharapkan
  • Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL 
  • Guru menyelesaikan permasalahan peserta didik dalam mencapai kompetensi di bidang pengetahuan
4. Peserta didik memiliki keterampilan yang diharapkan 
  • Guru mengembangkan keterampilan peserta didik dalam kelas 
  • Guru mengembangkan keterampilan peserta didik di luar kelas  

Untuk melihat rincian lengkapnya silahkan lihat disini atau download disini
Setelah melihat standar kompetensi lususan marilah kita lanjutkan dengan standar pendidik dan tenaga kependidikan disini
 

EDS 2013 - Standar Proses

Posted: 01 Mar 2014 06:16 AM PST


Evaluasi Diri Sekola (EDS) 2013 tentang Standar Proses ini menggunakan acuan Kurikulum 2013 (Indikator dikembangkan oleh Sekolah sesuai Permendikbud nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah)

Memiliki 3 Komponen Penilaian 
1. Rancangan PBM sesuai dengan standar dan dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif sesuai dengan kebutuhan peserta didik
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun dari SI, SKL dan Silabus Kurikulum 2013 
  • RPP disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. 
  • RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. 
  • Rencana tugas dan program remedial dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif sesuai dengan kebutuhan peserta didik
2. Pembelajaran  dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik 
  • Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. 
  •  Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi. 
  • Sekolah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. 
  • Sekolah menyediakan kegiatan ekstrakulikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
3. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
  • Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. 
  • Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Sekolah dan Pengawas.
Untuk melihat rincian lengkapnya silahkan lihat disini atau download disini
Setelah melihat standar proses marilah kita lanjutkan dengan standar kompetensi lulusan disini

EDS 2013 - Standar Isi

Posted: 01 Mar 2014 06:01 AM PST


Evaluasi Diri Sekola (EDS) 2013 tentang Standar Isi ini menggunakan acuan Kurikulum 2013 (Indikator dikembangkan oleh Sekolah sesuai Permendikbud nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah)

Memiliki 4 Komponen Penilaian
1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan
  • Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP
  • Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
  • Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa
2.  Kurikulum berisi komponen penghayatan ajaran agama
  • Kurikulum memuat rancangan PBM untuk penghayatan ajaran agama
  • Sekolah membuat rancangan penilaian untuk menilai penghayatan agama
3.  Kurikulum berisi komponen pembentukan sikap dan perilaku
  • Kurikulum memuat rancangan PBM PKN untuk membentuk kedisiplinan, tanggung jawab, dan keperdulian terhadap orang lain 
  • Kurikulum memuat rancangan program pendidikan karakter tingkat sekolah
  • Kurikulum memuat rancangan program pembelajaran yang berdampak pada sikap dan prilaku
4. Kurikulum berisi rancangan program peningkatan kompetensi pengetahuan dan keterampilan
  • Kurikulum  memuat rancangan tugas belajar 
  • Kurikulum memuat rencana tugas baca di perpustakaan 
  • Kurikulum memuat daftar referensi yang digunakan dalam PBM 
Untuk melihat rincian lengkapnya silahkan lihat disini atau download disini
Setelah melihat standar isi marilah kita lanjutkan dengan standar proses disini

EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) 2013

Posted: 01 Mar 2014 06:21 AM PST

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tahun 2013 yang sesuai dengan Kurikulum baru 2013 belum ada yang dikeluarkan langsung oleh BNSP, tetapi sekolah diperbolehkan untuk mengembangkan sebagai bahan evaluasi diri. Adapun EDS tersebut mengacu terhadap 8 Standar Nasional Pendidikan yaitu
  1. Standar Isi (lihat EDS Standar Isi disini)
  2. Standar Proses (lihat EDS Standar Proses disini)
  3. Standar Kompetensi Lulusan (lihat EDS Standar Kompetensi Lulusan disini)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan (lihat EDS Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan disini)
  5. Standar Sarana dan Prasarana (lihat EDS Standar Sarana dan Prasarana disini)
  6. Standar Pengelolaan (lihat EDS Standar Pengelolaan disini)
  7. Standar Pembiayaan (lihat EDS Standar Pembiayaan disini)
  8. Standar Penilaian Pendidikan (lihat EDS Standar Penilaian Pendidikan disini)
Evaluasi Diri Sekolah Tersebut mencakup indikator dalam tiap tahapan, contoh bukti fisik pendukung pencapaiannya, contoh kekuatan sekolah dalam pencapaiannya, contoh kelemahan sekolah dalam mencapai suatu indikator, dan rekomendasi yang dilakukan untuk perbaikan

Contoh Visi Misi dan Tujuan Sekolah

Posted: 01 Mar 2014 04:58 AM PST



VISI
TERCIPTANYA PESERTA DIDIK YANG BERKUALITAS, KOMPETITIF DAN BERAKHLAK MULIA

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan bebas pungutan bagi seluruh siswa
  2. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik
  3. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan keperibadian, nilai-nilai agama dan budaya peserta didik

TUJUAN

  1. Menuntaskan program wajib belajar 9 tahun
  2. Terwujudnya peserta didik yang kompetitif dan berkualitas 
  3. Terbinanya peserta didik yang berkepribadian, berakhlak mulia dan berbudaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar