SEKOLAH DASAR |
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas 2 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PPKn Kelas 2 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas 1 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum 2013
- Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PPKn Kelas 1 Kurikulum 2013
- Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu
- Karakteristik Mata Pelajaran PJOK di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
- Karakteristik Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar
- RPP dan Silabus Kelas 6 SD Kurikulum 2013
- RPP dan Silabus Kelas 5 SD Kurikulum 2013
- RPP dan Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013
- RPP dan Silabus Kelas 3 SD Kurikulum 2013
- RPP dan Silabus Kelas 2 SD Kurikulum 2013
- RPP dan SILABUS Kelas 1 SD Kurikulum 2013
- RAPBS dan RAKS Tahun 2014
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:28 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berikut ini. Siswa mampu: 3.1 memahami prosedur gerak variasi pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.1 mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.2 memahami prosedur variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.2 mempraktikkan variasi gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.3 memahami prosedur variasi pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.3 mempraktikkan variasi gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.4 memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional; 4.4 mempraktikkan prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional; 3.5 memahami prosedur variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai; 4.5 mempraktikkan variasi berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai; 3.6 memahami prosedur penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama; 4.6 mempraktikkan penggunaan variasi gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama; 3.7 memahami prosedur penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor,dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air; 4.7 mempraktikkan penggunaan gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam bentuk permainan, dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air; 3.8 memahami manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik; dan 4.8 menceritakan manfaat pemanasan dan pendinginan, serta berbagai hal yang harus dilakukan dan dihindari sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas 2 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:25 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Seni Budaya dan Prakarya berikut ini. Siswa mampu: 3.1 mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi; 4.1 membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi; 3.2 mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak; 4.2 menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak; 3.3 mengenal gerak keseharian dan alam dalam tari; 4.3 meragakan gerak keseharian dan alam dalam tari; 3.4 mengenal pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya; dan 4.4 membuat hiasan dari bahan alam dan buatan |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:17 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini. Siswa mampu: 3.1 menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya; 4.1 membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnyaberdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret; 3.2 membandingkan dua bilangan cacah; 4.2 mengurutkan bilangan-bilangan dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya; 3.3 menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan; 4.3 menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan; 3.4 menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian; 4.4 menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian; 3.5 menjelaskan nilai dan kesetaraan pecahan mata uang; 4.5 mengurutkan nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang; 3.6 menjelaskan dan menentukan panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; 4.6 melakukan pengukuran panjang, berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; 3.7 menjelaskan pecahan 1/2,1/3, dan 1/4menggunakan benda-benda konkret; 4.7 menyajikan pecahan 1/2,1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret; 3.8 menjelaskan dan menentukan jarak antara dua tempat, dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; 4.8 mengukur jarak antara dua tempat, dengan satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari; 3.9 menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang; 4.9 mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang; 3.10 menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya; 4.10 mengklasifikasi bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya; 3.11 menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret; dan 4.11 memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:13 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia berikut ini. Siswa mampu: 3.1 memahami ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun; 4.1 menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun; 3.2 memahami kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan dan visual; 4.2 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah dalam laporan hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual; 3.3 memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual; 4.3 melaporkan penggunaan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual; 3.4 memahami kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual; 4.4 menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual; 3.5 memahami puisi anak dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis dan lisan; 4.5 membacakan teks puisi anak tentang alam dan lingkungan dalam bahasa Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri; 3.6 memahami ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia; 4.6 menyampaikan ungkapan-ungkapan santun (menggunakan kata "maaf", "tolong") untuk hidup rukun dalam kemajemukan; 3.7 memahami tulisan tegak bersambung dalam cerita dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan dan hari, nama orang) serta mengenal tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya; 4.7 menulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama bulan, hari, dan nama diri) serta tanda titik pada kalimat berita dan tanda tanya pada kalimat tanya dengan benar; 3.8 memahami informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan; 4.8 menceritakan kembali teks dongeng binatang (fabel) yang menggambarkan sikap hidup rukun yang telah dibaca secara nyaring sebagai bentuk ungkapan diri; 3.9 memahami kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis; 4.9 menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis; 3.10 memahami penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) nama orang, nama agama serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar; dan 4.10 menulis teks dengan menggunakan huruf kapital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PPKn Kelas 2 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:09 AM PDT Siswa mampu: 1.1 meyakini terdapat hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila; 2.1 menunjukkan sikap positif terhadap hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila; 3.1 memahami hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila; 4.1 menceritakan hubungan simbol pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila; 1.2 menghargai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah; 2.2 mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah; 3.2 memahami aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah; 4.2 melakukan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah; 1.3 memiliki sikaptoleran terhadap keberagaman individu di sekolah; 2.3 menunjukkan sikap sopan dan santun dalam keberagaman (misal: teman, guru dan lainnya) di sekolah; 3.3 mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman individu di sekolah; 4.3 menceritakan jenis-jenis kebersamaan dalam keberagaman individu di sekolah; 1.4 menunjukkan sikap bersatu dalam keberagaman di sekolah; 2.4 bersikap sesuai makna bersatu dalam keberagaman di sekolah; 3.4 memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah; dan 4.4 menceritakan pengalaman bersatu (misal: bermain bersama-sama) dalam keberagaman di sekolah. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 10:02 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan berikut ini. Siswa mampu: 3.1 Memahami gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.1 Mempraktikkan gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.2 Memahami gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.2 Mempraktikkan gerak dasar nonlokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.3 Memahami pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional; 3.4 Memahami menjaga sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional; 4.4 Mempraktikkan sikap tubuh (duduk, membaca, berdiri, jalan), dan bergerak secara lentur serta seimbang dalam rangka pembentukan tubuh melalui permainan sederhana dan atau tradisional; 3.5 Memahami berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam lantai; 4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan,putaran, ayunan, melayang, danmendarat) dalam aktivitas senam lantai; 3.6 Memahami gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama; 4.6 Mempraktikkan gerak dasarlokomotor dan non-lokomotorsesuai dengan irama (ketukan)tanpa/dengan musik dalamaktivitas gerak berirama; 3.7 Memahami berbagai pengenalan aktivitas air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air; 4.7 Mempraktikkan berbagaipengenalan aktivitas air danmenjaga keselamatan diri/oranglain dalam aktivitas air; 3.8 Memahami bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian; dan 4.8 Menceritakan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas 1 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 09:39 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Siswa mampu: 3.1 mengenal karya ekspresi dua dan tiga dimensi; 4.1 membuat karya ekspresi dua dan tiga dimensi; 3.2 mengenal elemen musik melalui lagu; 4.2 menirukan elemen musik melalui lagu; 3.3 mengenal gerak anggota tubuh melalui tari; 4.3 meragakan gerak anggota tubuh melalui tari; 3.4 mengenal bahan alam dalam berkarya; dan 4.4 membuat karya dari bahan alam |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 09:34 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Matematika berikut ini. Siswa mampu: 3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek; 4.1 Menyajikan bilangan cacah sampai dengan 99 yang bersesuaian dengan banyak anggota kumpulan objek yang disajikan; 3.2 Menjelaskan bilangan sampai dua angka dan nilai tempat penyusun lambang bilangan menggunakan kumpulan benda konkret serta cara membacanya; 4.2 Menuliskan lambang bilangan sampai dua angka yang menyatakan banyak anggota suatu kumpulan objek dengan ide nilai tempat; 3.3 Membandingkan dua bilangan sampai dua angka dengan menggunakan kumpulan benda benda konkret; 4.3 Mengurutkan bilangan-bilangan sampai dua angka dari bilangan terkecil ke bilangan terbesar atau sebaliknya dengan menggunakan kumpulan benda-benda konkret; 3.4 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan; 4.4 Menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 99; 3.5 Mengenal pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya; 4.5 Memprediksi dan membuat pola bilangan yang berkaitan dengan kumpulan benda/gambar/gerakan atau lainnya; 3.6 Mengenal bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret; 4.6 Mengelompokkan bangun ruang dan bangn datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan berbagai benda konkret. 3.7 Mengidentifikasi bangun datar yang dapat disusun membentuk pola pengubinan; 4.7 Menyusun bangun-bangun datar untuk membentuk pola pengubinan; 3.8 Mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret; 4.8 Melakukan pengukuran panjang dan berat dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda/situasi konkret; 3.9 Membandingkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu menggunakan benda/ situasi konkret; dan 4.9 Mengurutkan benda/kejadian/ keadaan berdasarkan panjang, berat, lamanya waktu, dan suhu. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 09:26 AM PDT Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Untuk Kompetensi Inti 3 (Pengetahuan) dan Kompetensi inti 4 (Keterampilan) dicapai melalui Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia berikut ini. Siswa mampu: 3.1 Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan (cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar; 4.1 Mempraktikkan kegiatan persiapan membaca permulaan (duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat dengan cahaya yang terang) dengan benar; 3.2 Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang) yang benar secara lisan; 4.2 Mempraktikkan kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah, kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis di udara/pasir/ meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar, membuat garis tegak, miring, lurus, dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar; 3.3 Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerahatau bahasa daerah; 4.3 Melafalkan bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa daerah; 3.4 Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan; 4.4 Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan/atau tulis; 3.5 Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau eksplorasi lingkungan; 4.5 Mengemukakan penjelasan tentang cara memelihara kesehatan dengan pelafalan kosakata Bahasa Indonesia yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah; 3.6 Menguraikan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan sekitar melalui teks pendek (berupa gambar, slogan sederhana, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan; 4.6 Menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan ejaan yang tepat dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dalam teks tulis sederhana; 3.7 Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau eksplorasi lingkungan; 4.7 Menyampaikan penjelasan dengan kosakata Bahasa Indonesia dan dibantu dengan bahasa daerah mengenai peristiwa siang dan malam dalam teks tulis dan gambar; 3.8 Merinci ungkapan penyampaian terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan, perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah; 4.8 Mempraktikan ungkapan terima kasih, permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, dengan menggunakan bahasa yang santun kepada orang lain secara lisan dan tulis; 3.9 Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah; 4.9 Menggunakan kosakata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulis; 3.10 Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah; 4.10 Menggunakan kosakata yang tepat dalam percakapan tentang hubungan kekeluargaan dengan menggunakan bantuan gambar/bagan silsilah keluarga; 3.11 Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan; dan 4.11 Melisankan puisi anak atau syair lagu (berisi ungkapan kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) sebagai bentuk ungkapan diri. |
Kompetensi Dasar Mata Pelajaran PPKn Kelas 1 Kurikulum 2013 Posted: 29 May 2018 09:12 AM PDT 1.1 Mensyukuri ditetapkannya bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas sebagai gambar pada lambang negara "Garuda Pancasila"; 2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila" dalam kehidupan sehari-hari; 3.1 Mengenal simbol sila-sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila"; 4.1 Menceritakan simbol-simbol sila Pancasila pada Lambang Garuda Pancasila"; 1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di rumah; 2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah; 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah; 4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah; 1.3 Menerima keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah; 2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah; 3.3 Mengidentifikasi keberagaman karateristik individu di rumah; 4.3 Menceritakan pengalaman kebersamaan dalam keberagaman kehidupan individu di rumah; 1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah; 2.4 Menampilkan sikap kerja sama dalam keberagaman di rumah; 3.4 Mengidentifikasi bentuk kerjasama dalam keberagaman di rumah; dan 4.4 Menceritakan pengalamankerjasama dalam keberagaman dirumah. |
Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu Posted: 29 May 2018 08:56 AM PDT Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu
|
Karakteristik Mata Pelajaran PJOK di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 08:02 AM PDT Pembelajaran berbagai aktivitas di dalam PJOK pada satuan pendidikan SD diarahkan untuk mencapai kompetensi dalam penyempurnaan dan pemantapan pola gerak dasar, pengembangan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat pada kelas rendah (kelas I-III) melalui berbagai permainan sederhana dan tradisional, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan, sedangkan pada kelas tinggi (kelas IV-VI) pengembangan pola gerak dasar menuju kesiapan gerak spesifik, pengembangan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui permainan bola besar, permainan bola kecil, atletik, beladiri, senam, gerak berirama, aktivitas air, dan materi kesehatan. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Mata pelajaran PJOK pada kelas tinggi (kelas IV, V dan VI) dibelajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri. |
Karakteristik Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 07:59 AM PDT Di Sekolah Dasar pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya bersifat rekreatif melalui eksperimentasi, keberanian mengutarakan pendapat serta dapat dilaksanakan secara terpadu maupun single subject. Terpadu dalam bentuk mencipta karya seni yang dikaitkan dengan pengetahuan lain dan rasionalisasi penciptaannya, di dalamnya memuat sikap (perilaku, apresiatif, toleransi dan bertanggung jawab penuh), keterampilan (bersifat fragmatis, aplicable, dan teknologis-sistemis), pengetahuan (kemampuan merekronstruksi dan mengungkapkan kembali ide dan gagasan secara sistematis). Ruang lingkup SBdP di SD meliputi dinamika gerak, karya dekoratif, menampilkan pola irama dan membuat karya dari bahan alam, berkarya seni estetis melalui kegiatan apresiasi dan kreasi berupa gambar cerita dan reklame, interval nada, tari kreasi daerah, membuat kolase, topeng dan patung dengan memperhatikan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa |
Karakteristik Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 07:53 AM PDT Ruang lingkup materi IPS di Sekolah Dasar, diawali dari pengenalan lingkungan dan masyarakat terdekat, mulai kabupaten, provinsi, nasional dan internasional. Antara satu wilayah dengan wilayah lainnya memiliki koneksi. Lingkungan internasional di lingkup SD dibatasi pada pengenalan lingkungan ASEAN. Mata pelajaran IPS bertujuan untuk menghasilkan warganegara yang religius, jujur, demokratis, kreatif, kritis, senang membaca, memiliki kemampuan belajar, rasa ingin tahu, peduli dengan lingkungan sosial dan fisik, berkontribusi terhadap pengembangan kehidupan sosial dan budaya, serta berkomunikasi secara produktif. Ruang lingkup IPS terdiri atas pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang dikembangkan dari masyarakat dan disiplin ilmu sosial. Penguasaan keempat konten ini dilakukan dalam proses belajar yang terintegrasi melalui proses kajian terhadap konten pengetahuan. Pada jenjang Sekolah Dasar kelas I, II dan III muatan IPS diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan untuk kelas IV sampai kelas VI, IPS menjadi mata pelajaran tersendiri tetapi pembelajarannya dilakukan secara tematik terpadu dengan mata pelajaran lainnya. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut |
Karakteristik Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 07:51 AM PDT Ruang lingkup materi mata pelajaran IPA SD mencakup enam lingkup sains yaitu kerja ilmiah dan keselamatan kerja, makhluk hidup dan sistem kehidupan (bagian tubuh manusia dan perawatannya, makhluk hidup di sekitarnya, tumbuhan, hewan, dan manusia), energi dan perubahannya (gaya dan gerak, sumber energi, bunyi, cahaya, sumber daya alam, suhu dan kalor, rangkaian listrik dan magnet), materi dan perubahannya (ciri benda, penggolongan materi perubahan wujud), bumi dan alam semesta (rorasi dan revolusi bumi, cuaca dan musim, dan sistem tata surya), serta sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat (dampak perubahan musim terhadap kegiatan sehari-hari, lingkungan dan kesehatan, dan sumber daya alam). Ilmu Pengetahuan Alam di SD/MI kelas I, II, dan III (kelas rendah) muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan di Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) Ilmu Alam menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Pembelajaran di SD dilakukan secara terpadu antar mata pelajaran yang diikat oleh tema tertentu. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjangproses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut |
Karakteristik Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 08:16 AM PDT Ruang Lingkup Matematika SD ada tiga yaitu bilangan (bilangan cacah, bulat, prima, pecahan, kelipatan dan faktor, pangkat dan akar sederhana), geometri dan pengukuran (bangun datar dan bangun ruang, hubungan antar garis, pengukuran (berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, dan debit, letak dan koordinat suatu benda), serta statistika (menyajikan dan menafsirkan data tunggal) dalam penyeleaian masalah kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika di SD diarahkan untuk mendorong siswa mencari tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih siswa berpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah. Pembelajaran matematika dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan melalui Pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). ata pelajaran Matematika pada kelas tinggi (kelas IV, V dan VI) dibelajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri |
Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 07:44 AM PDT Ruang lingkup bahasa Indonesia di SD adalah menggunakan bahasa secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan. Selain itu,siswa di SD dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual,serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan melalui Pembelajaran tidak langsung (indirect teaching). Mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan teks-teks dengan muatan atau berisi materi IPA dan IPS pada kelas I s.d III. Pemilihan teks-teks dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, mudah dipahami, dan dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik (kontekstual). Penekanan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk memberikan kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan secara efektif. Kemampuan berkomunikasi ini mensyaratkan peserta didik untuk mencari informasi di sekitarnya, melalui membaca buku, membaca koran, mendengarkan berita, menonton video, dan lainnya |
Karakteristik Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar Posted: 29 May 2018 08:28 AM PDT Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) membentuk siswa menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air yang dijiwai oleh 4 substansi inti kebangsaan yaitu
Mata pelajaran kewarganegaraan diarahkan untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam bersikap sebagai warganegara termasuk keteguhan, komitmen, dan tanggung jawab. Sikap sebagai warganegara itu terbentuk dari pengetahuan kewarganegaraan yang yang dipraktikkan dengan berpartisipasi menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara. |
RPP dan Silabus Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Posted: 25 Mar 2014 01:12 AM PDT RPP dan Silabus Kelas 6 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 6 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
RPP dan Silabus Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Posted: 25 Mar 2014 12:36 AM PDT RPP dan Silabus Kelas 5 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 5 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
RPP dan Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Posted: 25 Mar 2014 12:27 AM PDT RPP dan Silabus Kelas 4 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 4 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
RPP dan Silabus Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Posted: 25 Mar 2014 12:08 AM PDT RPP dan Silabus Kelas 3 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 3 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
RPP dan Silabus Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Posted: 24 Mar 2014 11:57 PM PDT RPP dan Silabus Kelas 2 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 2 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
RPP dan SILABUS Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Posted: 25 Mar 2014 12:37 AM PDT RPP dan Silabus Kelas 1 SD sesuai dengan Kurikulum 2013 mengacu pada Kompetensi Inti sebagai berikut:
Pada Kurikulum 2013 khususnya pada jenjang Sekolah Dasar dari Kelas 1 sampai dengan Kelas 6 menggunakan Pembeajaran Tematik meskipun didalamnya mencakup mata pelajaran-mata pelajaran. Adapun untuk kelas 1 RPP dan Silabus sesuai kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: Semester 1
|
Posted: 05 Mar 2014 05:40 AM PST |
You are subscribed to email updates from SEKOLAH DASAR. To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google, 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, United States |
Agen IDN Poker adalah situs IDN poker online yang sudah terkenal di Indonesia banyak sekali para penjudi online di tanah air. Yang mencari situs judi IDN Poker mana sih yang paling bisa di percaya saat ini? Kami saat ini sebagai agen resmi IDN poker resmi sangat menyarankan bermain server IDN Poker di situs kami. http://phillipsservices.net/UserProfile/tabid/43/userId/68456/Default.aspx
BalasHapusterima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabila ada yang ingin bermain game BOLA bisa mengunjungi BOLA88 karena berapapun kemenangan anda pasti akan dibayar
BalasHapusCari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, SLOT138 solusinya situs judi online tebaik,terlengkap di indonesia.
BalasHapusDaftar dan mainkan togel hk di Togelfortuna sekarang
BalasHapusJudi Bola Online ialah sebuah platform judi online sbobet yang terkenal dengan produk taruhan olahraga atau sportbook nya. Berasal dari negara Filipina, agen sbobet berhasil menarik perhatian seluruh bettor judi bola di asia. Untuk di wilayah Indonesia sendiri,
BalasHapusjoker123 login merupakan agen judi slot online terpopuler yang memperoleh izin resmi dari situs joker123.net menyediakan situs joker123.
BalasHapus
BalasHapusterima kasih situs ini sudah memberikan pengetahuan yang bagus dan apabilaCari permainan yang seru dan bisa dimainkan ? Permainan yang tidak pernah bisa bosan dan juga bisa menghasilkan uang asli untuk kalian, situs idnpoker resmi solusinya situs judi terbaik,terlengkap di indonesia berepa kemenangan anda pasti akan di bayar
ini adalah aplikasih judi online terpercaya di indonesia
BalasHapusberkat aplikasi judi ini saya jadi tau permainan judi lainya.
DAFTAR SBOBET TERPERCAYA
link alternatif sbobetmobile indonesia versi wap yang tidak diblokir. Seluruh pemain dapat mengakses login dengan mudah untuk bermain judi bola deposit murah dan tersedia deposit pulsa tanpa potongan.
BalasHapusKeuntungan bermain slot di situs terpercaya adalah dimana anda bisa menang dengan mudah, karena slot game yang dimiliki oleh agen slot terpercaya memiliki peluang menang yang tinggi, dengan begitu dimana anda bisa dengan mudah untuk bisa mendapatkan sebuah kemenangan dari permainan yang anda mainkan.
BalasHapussbobet
BalasHapusjudi bola terbaik telah memberinya keyakinan ke situs judi bola online uang asli. Hal ini jadi satu kebanggaan atas keras melengkapi sarana judi sepak bola pada sbobet mobile untuk pemain setia Sbobet.
BalasHapusAgen Joker123 Online Terbaik Kami adalah Joker123 online terbaik yang ada di Indonesia dan terbukti telah melayani ratusan ribu penjudi di Asia setiap hari.
BalasHapusJudi Sbobet123 Asia Berpusat di Indonesia dan resmi.
BalasHapuskami dari agen poker online yang akan memberikan situs
BalasHapusAGEN POKER ONLINE
yang terpercaya saat ini, daftarkan akun,mu sekarang.
Pada kesempatan kali ini saya sangat merekomendasikan Poker Online Idn karena telah terbukti sudah membayar berapapun jumalh kemenangan anda dan pastinya mereka selalu memberikan pelayanan yanng sangat memuaskan.
BalasHapusakun resmi
BalasHapusDAFTAR JUDI CASINO
terbaru dan terpercaya saat ini,.
Bandar Slot Online Terbesar Asia ternyata berpusat di Indonesia guys, situs terpercaya dan terbukti melayani ratusan juta penggemar judi online Asia.
BalasHapusSitus Togel Online
BalasHapusLink Alternatif Sbobet resmi dan terpercaya Asia yang berada di Ibndoensia saat ini telah melayani ratusan penggemar judi online seantero Asia bahkan saat ini kami sedang membangun jaringan hingga Eropa dan sekitar.
BalasHapuskami dari bandar judi online ingin berbagi
BalasHapusTIPS JUDI ONLINE
kepada anda para pemain judi online, apabila anda kurang memahami, silahkan temukan situs ini di android anda.
kami dari bandar judi POKER online ingin berbagi LINK
BalasHapusBANDAR IDN POKER
kepada anda para pemain judi online, apabila anda kurang memahami, silahkan temukan situs ini di android anda.
slot online gacor hari ini
BalasHapusslot online gacor
slot online terpercaya
agen slot online terbaik
Bingung mencari situs yang menyediakan permainan ? Tenang, OLE777 merupakan situs judi yang sangat lengkap , hingga tersedianya permainan Slot Online,Judi Bola,Casino, Dan Lainnya.
BalasHapus>> https://97.74.82.254/ <<
Daftar Disitus Kami Dengan tertinggi gampang jackpot peluang sangat besar
BalasHapusdaftar Judi bola sbobet terbaik ditahun 2022
>> Judi Bola Online <<
royal777 slot
BalasHapus